Fokus Pengembangan yang dilakukan oleh Binar Bermain Belajar

Demi memaksimalkan tumbuh kembang anak, Binar Bermain Belajar fokus pada aspek-aspek perkembangan anak usia dini.

ASPEK MORAL AGAMA

Bersama Binar, ananda akan mengenal nilai-nilai agama yang dianut, diarahkan pada kegiatan pembiasaan mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama serta menghormati (toleransi agama lain)

ASPEK FISIK MOTORIK

Kegiatan fisik motorik yang akan dirancang terbagi dalam tiga kualifikasi.

  1. Motorik kasar, meliputi aktivitas motorik yang mencakup perkembangan otot-otot besar yang menuntut keseimbangan dan kekuatan fisik meliputi duduk, jalan, berlari, melompat, dan lain sebagainya.

  2. Motorik Halus Merupakan aktivitas motorik yang mencakup perkembangan otot – otot kecil serta koordinasi mata dan tangan meliputi melipat, meronce, menyendok, menggunting dan lain sebagainya.

  1. Kesehatan dan perilaku keselamatan.Yakni memiliki berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta memiliki kemampuan untuk berperilaku hidup bersih sehat dan peduli terhadap keselamatannya.

ASPEK SOSIAL EMOSIONAL

Aktivitas akan dirancang berdasarkan pada:

  1. Kesadaran diri di mana anak dapat memperlihatkan kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaikan diri dengan orang lain.

  2. Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain tercermin melalui mengetahui hak-haknya, menaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama.

  3. Perilaku proporsional di mana anak mampu bermain dengan teman sebayanya, memahami perasaan, merespons, berbagi, serta menghargai pendapat dan hak orang lain, bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.

ASPEK KOGINITIF

Kegiatan akan dirancang untuk memenuhi

  1. Belajar dan pemecahan masalah yang berarti anak mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial dan menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru.

  2. Berpikir logis, yakni mengenal berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal sebab akibat.

  3. Berpikir simbolik, yaitu mengenal, menyebutkan, dan menggunakan lambang bilangan 1-10, mengenal abjad, serta mampu merepresentasikan berbagai benda dalam bentuk gambar.

ASPEK BAHASA

Anak akan diarahkan agar mampu:

  1. Memahami (reseptif) bahasa yakni memahami cerita, perintah, aturan, dan menyenangi dan menghargai bacaan.

  2. Mengekspresikan bahasa yaitu mampu bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan dan menceritakan kembali apa yang diketahui.

  3. Keaksaraan meliputi memahami hubungan bentuk dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita.

ASPEK SENI

Anak diharapkan dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan) serta mampu mengapresiasi karya seni

Share this post